Senin, 31 Desember 2018

Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Mudah

Sebelum masuk ke sekolah dasar anak harus sudah bisa membaca. Anda bisa memasukkan anak ke taman kanak-kanak sebagai salah satu usaha agar bisa lekas membaca. Selain itu terapkan cara mengajari anak membaca dengan cepat dan mudah berikut ini. Anda tinggal menyediakan waktu untuk mengajarinya.

Mengenalkan Huruf
Kenalkan terlebih dahulu jenis-jenis huruf dari A sampai dengan Z. Dari bentuk huruf besar dan huruf kecil agar anak bisa mengenalinya dengan baik. Lakukan secara rutin di tahap awal memulai belajar. Ajari sambil menyanyikan lagu alfabet dapat menjadi pilihan yang agar anak lebih mudah mengenalnya.

Uji anak untuk menunjukkan huruf yang Anda sebutkan. Ini untuk mengetahui anak sudah memahami jenis-jenis huruf atau belum. Meminta anak menyebutkan huruf dari ciri-ciri yang Anda sebutkan. Ini akan semakin membuat anak tau dengan bentuk huruf.

Mengajari Mengeja
Setelah anak mengenali huruf dengan baik, langkah selanjutnya adalah dengan mengajari anak mengeja. Pandai membaca dari mengeja akan lebih baik karena dengan begitu anak juga pandai menuliskannya dengan benar. Anda bisa mengajari anak mengeja dimulai dengan per suku kata. Misalnya kata mama, pergi, pasar, atau rumah yang dieja per suku kata.

Latih anak secara rutin dan memberinya kesempatan untuk mengeja sendiri tanpa dicontohkan terlebih dahulu. Anda bisa melihat tingkat pemahaman anak dari kelincahannya saat mengeja. Ketika anak salah dalam mengeja, langsung tunjukkan yang benarnya agar anak dapat tahu kesalahannya.

Mencoba Per Kata
Setelah bisa mengeja dengan mahir, maka cara mengajari anak membaca selanjutnya adalah mencoba per kata. Anda mintalah anak untuk membaca per kata yang ditunjuk. Jika Anda menggunakan buku saat mengajar, tunjuklah satu kalimat dan minta anak membacanya. Lebih enak lagi jika Anda menggunakan papan tulis dan menuliskan kata yang harus dibaca anak.

Mengulang secara Rutin
Jika anak sudah bisa membaca per kata yang ada, Anda tinggal mengajak anak melakukan pengulangan dalam membaca secara rutin. Pengulangan yang dilakukan akan membuat lidahnya terbiasa dan anak bisa membaca dengan lancar. Anda bisa mengajarinya di malam hari atau pun sore hari saat sedang bersantai.

Berikan Hadiah
Anak akan semakin semangat dalam belajar dan cepat pandai membaca ketika Anda memberikan hadiah di setiap prestasinya. Ini akan memicu anak agar ia terus belajar untuk membaca. Beri tahu anak hadiah yang akan didapatkan ketika mencapai target yang diberi. Ini juga akan mengajari anak untuk berusaha mencapai target secara optimal.

Ciptakan Suasana Menyenangkan
Suasana yang menyenangkan dibutuhkan untuk membuat semangat anak tetap terjaga. Terkadang di tengah proses belajar anak akan menjadi malas atau tidak fokus belajarnya karena merasa bosan. Penting untuk Anda membangkitkan semangatnya dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan.

Misalnya belajar di taman atau belajar bersama dengan teman-temannya. Bisa juga dengan membawa anak belajar membaca ke museum. Sambil mengenalkan barang yang ada di museum Anda bisa mengajari anak membaca kata-kata yang tertuliskan pada benda. Buatlah anak merasa belajar membaca itu sangat menyenangkan agar ia selalu merasa tertarik.

Cara mengajari anak membaca ini akan mudah Anda terapkan ketika memiliki banyak waktu dan kedekatan dengan anak. Konsentrasi anak saat belajar pun akan optimal jika nutrisi pada tubuhnya terpenuhi. Salah satu upayanya dengan memberikan susu formula yang juga membantu perkembangan otak. Anda bisa memilih susu yang tepat untuk anak di wyethnutrition.co.id.

Related Posts

Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Mudah
4/ 5
Oleh